Bupati Jember Tak Keberatan Kembalikan Tanah Ketajek Kepada Rakyat

Bupati Jember MZA Djalal mengaku tidak keberatan, untuk mengembalikan tanah ketajek, yang sempat dikuasasi Perusahaan Daerah Perkebunan kepada warga. Hal ini diungkapkan bupati, usai acara kamisan.

Kepada sejumlah wartawan, Djalal menerangkan, sebenarnya untuk verifikasi masyarkat penerima tanah ketajek, hampir tuntas. Namun karena kawatir masih ada masyarakat yang belum terdata, akhirnya pemkab memperpanjang masa verifikasi.

Jika memang dirasa sudah cukup masa pendataannya, maka kata Djalal, ia akan segera mengumpulkan masyarakat yang betul- betul berhak menerima tanah tersebut,, dalam forum itu, masyarakat akan ditanya, apakah tanah itu akan dikelola sendiri, diberikan kepada pemkab atau justru dibiarkan menjadi hutan.

Prinsipnya menurut Djalal, sebagai Bupati Jember, ia siap untuk menandatangani pengembalian tanah ketajek, kepada masyarakat. Asalkan penerimanya memiliki bukti otentik yang bisa ditunjukkan kepada tim verifikasi.

Diberitakan sebelumnya, sesuai rekomendasi DPRD Jember, tanah ketajek harus dikembalikan kepada rakyat. Ada kurang lebih 900 pemilik tanah, yang akan segera menerima tanah,, pembentukan tim verifikasi tersebut, untuk melakukan pendataan kembali data-data warga, yang berhak menerima tanah.

(610 views)
Tag: