Lapter Dikerjasamakan Cuma- Cuma

Selasa Siang Bupati Jember MZA Djalal meresmikan pendidikan penerbangan jember di Bandara Notohadinegoro. Dari pada tidak berfungsi sama sekali, Lapter Notohadinegoro dikerjasamakan dengan pendidikan penerbangan Juanda Surabaya, tanpa kompensasi apapun.

Bupati Jember MZA Djalal menjelaskan, dasar pertimbangan difungsikannya lapter sebagai pendidikan penerbangan, karena perkembangan dunia penerbangan saat ini sangat pesat. Pesawat komersil juga butuh tempat untuk perawatan pesawat, sehingga dengan adanya pendidikan penerbangan di Jember, bisa menarik mereka untuk menyewa tempat untuk perawatan di Jember.

Untuk sementara lanjut Djalal, Pemkab mempersialahkan pendidikan penerbangan juanda menggunakan fasilitas lapter tanpa dibebani kompensasi apapun. Tetapi nanti jika memang dirasa sudah menghasilkan, akan dilakukan perhitungan ulang dengan sistem kerjasama yang baru.

Sementara Direktur pendidikan penerbangan juanda mufarozi mengatakan, pihaknya menyambut baik tawaran Pemkab Jember, untuk menggunakan fasilitas Lapter Notohadinegoro sebagai sarana pendidikan penerbangan. Untuk sementara PPJ hanya akan membuka jurusan tehnik penerbangan, dengan jumlah siswa 60 orang taruna. Tetapi dalam waktu dekat akan dikembangkan jurusan pramugari udara, dengan standart internasional.

PPJ lanjut Mufarozi, juga akan menambah fasilitas laboratorium hanggar, lengkap dengan sedikitnya 2 pesawat untuk sarana praktek. Tetapi ketika jurusan pramugari dimulai, setidaknya 5 pesawat harus ditarik ke Jember. Karena pendidikan penerbangan jember merupakan cabang dari pendidikan Penerbangan Juanda Surabaya, biaya akan ditanggung PPJ Surabaya.

Mufarozi menjelaskan, peluang kerja lulusan pendidikan penerbangan di dunia kerja masih sangat terbuka lebar. Terbukti lulusan ppj banyak direkrut beberapa maskapai penerbangan ternama. Untuk memenuhi kualitas pendidikan penerbangan berstandart internasional, PPJ akan menerjunkan sedikitnya 27 orang tenaga instruktur, untuk memberikan pelatihan kepada taruna penerbangan di jember.

(759 views)
Tag: