Jelang Kenaikan BBM, Konsumsi Masyarakat Naik 10 Persen

Menjelang kenaikan Harga BBM Per 1 April mendatang, jumlah konsumsi masyarakat di kabupaten jember meningkat hingga 10 persen. Meski demikian Pertamina menjamin kenaikan konsumsi masyarakat tersebut mampu dipenuhi.

Sales Representative Pertamina Depo Tanjung Wangi Sindu Priyo Windoko usai hearing dengan Komisi B DPRD Jember menjelaskan, terjadi kekhawatiran dari masyarakat, sehingga mereka membeli bbm dalam jumlah lebih banyak dibanding biasanya. Sepekan teakhir pertamina mencatat terjadi kenaikan konsumsi hingga 10 persen.

Padahal lanjut Sindhu, seharusnya tidak perlu terjadi panic buying di masyarakat. Sebab Pertamina sudah mengirimkan edaran kepada seluruh SPBU, agar menjelang kenaikan Harga BBM ini mereka buka selama 24 jam penuh, untuk melayani masyarakat. Bahkan pertamina tidak mau dengar alasan spbu tutup karena kehabisan stock. Sebab Pertamina mengirimkan stock spbu sesuai dengan permintaan spbu tanpa pengurangan sedikitpun. Baru nanti ketika ada permintaan dari polres untuk pembatasan karena ada indikasi penimbunan dilakukan oleh SPBU, maka pertamina akan membatasi suplay.

Jika ditemukan adanya SPBU nakal, pertamina mengancam akan melakukan penghentian suplay hingga beberapa hari. Hanya saja agar tidak menimbulkan gejolak, sangsi penghentian suplay akan dilakukan beberapa hari pasca kenaikan Harga BBM diberlakukan.

Lebih jauh Sindhu menjelaskan, jika terjadi keterlambatan pengiriman suplay ke SPBU, bukan merupakan kesengajaan dari pihak pertamina,, namun karena menjelang kenaikan bbm saat ini, pertamina sebelum mengirimkan bbm ke spbu harus berkoordinasi dengan pihak kepolisian. Sindhu mencontohkan, Hari Rabu kemarin ketika Depo Tanjung Wangi akan mensuplay SPBU di Jember, dengan pertimbangan faktor keamanan dilarang oleh kapolres karena di jember sedang terjadi aksi unjuk rasa. Sehingga pengiriman BBM baru bisa dilakukan di malam hari.

Meski demikian, Sindhu menjamin total kebutuhan kabupaten jember sekitar 500 Kilo Liter Per Hari untuk 33 SPBU di Jember mampu terpenuhi. Bahkan untuk menjamin keamanan dan ketertiban, kapolres sudah menempatkan beberapa orang personil untuk siaga di SPBU- SPBU.

(786 views)
Tag: