Teroris Sandera Ketua DPRD Jember

Anggota Batalyon Infantri 514 Raider berhasil menyelamatkan Ketua DPRD Jember, Saptono Yusuf. dari sekapan 4 orang teroris. Setelah melalui baku tembak dengan kawanan teroris, 4 orang anggota raider yg turun dari heli mengevakuasi Ketua DPRD meninggalkan ruangan. Demikian Skenario Simulasi Anti Teror Yonif 514 Raider Di Gedung DPRD Jember, Selasa siang.

Komandan Batalyon 514 Raider Letkol Infrantri Ade Rizal mengatakan, tahun ini memang Raider seluruh indonesia dijadwalkan untuk melakukan latihan rutin penanganan aksi terorisme. Untuk Yonif 514 Raider, latihan melalui udara dilakukan di Jember, latihan melalui laut dilakukan di Situbondo dan latihan darat dilakukan di Bondowoso.

Simulasi pembebasan tawanan kali ini diikuti oleh sedikitnya 650 personel Raider, dimana 5 orang diantaranya merupakan pasukan inti yang bertugas menusuk langsung ke arah sasaran. Sementara pasukan lain melakukan back up di sekitar lokasi. Diharapkan dengan simulasi semacam ini kemampuan raider dalam penanganan teroris bisa terpelihara. Sehingga sewaktu-waktu dibutuhkan, raider mampu memberikan bantuan kepada pihak kepolisian.

Sementara Kepala Staf Distrik Militer 0824 Jember Letkol Infanteri Junaedi menjelaskan, simulasi anti teror merupakan progam rutin tni angkatan darat, khususnya batalyon raider yang memang dilatih untuk menangani terorisme. Simulasi rencananya dilakukan selama 6 hari, dua hari diantaranya pembebasan sandar melalui udara yang dilakukan di jember.

Hari pertama dilakukan di enam titik diantaranya DPRD Jember, Bank Mandiri Syariah, Seputaran Pasar Tanjung, dan Universitas Muhammadiyah Jember. Sedangkan hari kedua rencananya dilakukan di 8 titik diantaranya Kantor RRI dan PDAM.

(680 views)
Tag: