Lintasan Kereta Api Antara Sempolan Hingga Kalibaru Rawan Putus

Lintasan Rel Kereta Api antara Sempolan hingga Kalibaru, rawan putus. Ini dikarenakan, lintasan di daerah tersebut, masih menggunakan bantalan kayu dan rel ukuran R 33.

Manager Humas PT KAI DAOPS IX Jember, Gatut Sutiyatmoko menjelaskan, memang sampai hari ini, masih terus dilakukan penggantian bantalan rel, dari kayu ke beton. Namun pemasangan tersebut masih sampai di Stasiun Sempolan.

Gatut menambahkan, bantalan rel kayu dari arah sempolan hingga kalibaru, kebanyakan sudah lapuk, dan tidak memenuhi standart. Untuk itu, saat ini masih terus dilakukan penggantian secara bertahap.

Untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan, PT KAI sudah memberlakukan pembatasan kecepatan. Dimana, dari Arah Sempolan hingga Kalibaru, kecepatan kereta api maksimal 40 KM/ Jam.

Lebih lanjut Gatut menjelaskan, selain mengganti bantalan rel dari kayu ke beton, saat ini PT KAI juga mengganti ukuran rel. Yang semula ukuran R 33 menjadi R 42 bahkan R55. Dengan pergantian itu, secara otomatis perlintasan rel semakin lebar dan telah memenuhi standar.

 

(667 views)
Tag: