Dinas Koperasi Siap Gelontor Dana Rp 2 Milyar Untuk 80 LKMM

Dinas Koperasi Dan UMKM Jember Tahun 2012 siap gelontorkan dana senilai Rp 2 Milya, untuk membentuk 80 Lembaga Keuangan Mikro Masyarakat. 80 LKMM ini rencananya di bentuk di tingkat dusun.

Kepala Dinas Koperasi Dan UMKM Mirfano menjelaskan, Progam LKMM ini sudah dilakukan Sejak Tahun 2009 lalu. Targetnya, tiap tahun bisa terbentuk minimal 80 LKMM, dengan bantuan dana senilai Rp 25 Juta tiap LKMM. Sehingga saat ini diperkirakan jumlah LKMM di Jember mencapai 200 lembaga.

Seluruh dusun di Kabupaten Jember yang berkisar seribu lebih nantinya akan mendapatkan bantuan semacam ini. Hanya saja karena kemampuan APBD terbatas, maka bantuan tersebut akan diberikan secara bergiliran.

Pembentukan LKMM lanjut Mirfano, sebagai bentuk kepedulian pemkab kepada masyarakat kecil yang sebenarnya masih membutuhkan modal usaha, tetapi tidak memiliki anggunan untuk dijaminkan ke perbankan.

Lebih jauh Mirfano menjelaskan, jika regulasi bantuan berjalan lancar dan berkesinambungan, diperkirakan 7 tahun kedepan progam pembentukan LKMM di kabupaten jember sudah tuntas. Diharapkan ketika LKMM sudah terbentuk diseluruh dusun, perekonomian masyarakat pedesaan mampu terangkat ke arah sejahtera.

(998 views)
Tag: