APPI Desak Pemerintah Segera Tetapkan HPP Gabah

Asosiasi Petani Pangan Indonesia (APPI) Jawa Timur, mendesak agar pemerintah segera menetapkan Harga Pembelian Pemerintah (HPP) gabah. Lambatnya penetapan HPP gabah dinilai merugikan petani.

Ketua APPI Jawa Timur Jumantoro mengatakan, HPP gabah kering sawah yang masih berlaku saat ini senilai Rp 2.600 per kilogram, sudah tidak relevan. Sebab biaya produksi yang dikeluarkan oleh petani semakin tinggi, begitu juga biaya hidup petani.

Petani lanjut Jumantoro, berharap HPP gabah yang ditetapkan pemerintah nantinya diatas Rp 3 Ribu per kilogram. Sebab harga gabah di lapangan saat ini berkisar Rp 3.500 sampai  3.800 per kilogram. Sehingga ketika HPP yang ditentukan pemerintah menguntungkan bagi petani, secara otomatis petani akan termotivasi untuk meningkatkan kualitas produksinya.

Keterlambatan penetapan HPP menurut Jumantoro, hanya menguntungkan pedagang. Selain itu bulog juga akan mengalami kesulitan menyerap gabah dari petani. Sebab petani akan lebih suka menjual gabah miliknya kepada pedagang, yang memberikan harga lebih tinggi. Sedangkan bulog hanya mampu membeli gabah petani dengan patokan HPP lama.

(673 views)
Tag: