PWI Jember Dorong Sertifikasi Wartawan

Organisasi Profesi Wartawan, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Perwakilan Jember, akan mendorong dilakukannya sertifikasi, terhadap seluruh anggotanya.

Usai acara tasyakuran dalam rangka Hari Pers Nasional ke 66, Sekretaris PWI Perwakilan Jember, Gogot Cahyo Baskoro mengaku tidak bisa menutup mata, jika banyak keluhan dari masyarakat, terkait profesionalisme seorang wartawan.

Sebab lanjut Gogot, dengan mudahnya akses pembuatan surat ijin usaha perdagangan, banyak masyarakat yang mendirikan perusahaan media. Namun sayangnya, mudahnya akses tersebut ternyata disalahgunakan oknum tak bertanggung jawab.

Akhirnya kata Gogot muncul pandangan miring dari masyarakat, terhadap profesi seorang jurnalis atau wartawan, seperti Wartawan “Bodrex” ataupun wartawan tanpa surat kabar. Padahal profesi wartawan diatur oleh undang-undang.

Untuk itu lanjut Gogot, kedepan PWI Perwakilan Jember akan berkoordinasi dengan PWI pusat, terkait rencana program sertifikasi tersebut. Paling tidak dengan upaya ini, akan bisa meminimalisir jumlah oknum masyarakat yang mengaku sebagai wartawan.

(681 views)
Tag: