Ketua Fraksi: Tidak Unsur Kesengajaan Untuk Menggembosi Komisi A

Para Ketua Fraksi nyatakan tidak ada unsur kesengajaan anggotanya tidak hadir dalam hearing antara Baperjakat Dan Komisi A Selasa kemarin. Alasan ketidakhadiran dalam hearing masuk akal dan bisa dipertanggung jawabkan, dihadapan Badan Kehormatan DPRD Sekalipun.

Ketua Fraksi Partai Demokrat Ayub Khan mengatakan, dirinya sudah mengklarifikasi dua anggota FPD yang ada di Komisi A, terkait alasan ketidakhadirannya dalam hearing. Lili Safiani tidak hadir dalam hearing karena putranya sedang sakit, sementara Eko Purwanto sejak hari minggu berada di Surabaya, karena ada urusan internal DPC yang harus diselesaikan di DPD Demokrat Jawa Timur.

Meski sudah diklarifikasi di tingkat fraksi, Ayub menduga ada mis komunikasi di internal komisi. Sehingga biarkan saja persoalan ini diselesaikan di internal Komisi A. Ayub secara pribadi belum melihat adanya pelanggaran yang dilakukan anggota fraksinya, karena mereka memang memiliki agenda yang jelas.

Senada dengan Ayub Khan, Ketua Fraksi Annur Agus Widianto juga menilai tidak ada unsur kesengajaan yang dilakukan anggotanya untuk menggembosi Komisi A. Meski belum sempat mengklarifikasi Evi Lestari terkait ketidakhadirannya dalam hearing, Agus yakin Evi ada agenda kegiatan lain yang harus diselesaikan di luar kantor.

Ketika ditanya kemungkinan memanggil Evi secara resmi untuk memberikan penjelasan, Agus menilai hal ini tidak perlu dilakukan. Dirinya hanya akan mengklarifikasi secara personal, karena persoalan ini merupakan masalah internal Komisi A. Tetapi agus yakin, tidak ada unsur kesengajaan untuk menggembosi Komisi A.

Sementara Ketua Fraksi Golkar Yudi Hartono mengatakan, peristiwa ini hendaknya menjadi introspeksi diri bagi Komisi A. DPRD merupakan kolektif kolegial, begitu juga dengan komisi. Sehingga seharusnya jika akan memanggil SKPD, harusnya dibicarakan terlebih dahulu diinternal komisi. Yudi yakin terjadi mis komunikasi antara Ketua Komisi A dengan anggotanya.

Sementara Ketua Komisi A Dprd Jember Mohammad Jufreadi ketika dikonfirmasi langkah yang akan dilakukan terhadap anggotanya yang tidak hadir dalam hearing, tidak bersedia berkomentar panjang. Jufreadi hanya mengatakan akan menyelesaikan persoalan ini di internal Komisi A.

Diberitakan sebelumnya, Ketua Komisi A DPRD Jember Mohammad Jufreadi merasa ada orang yang sengaja melarang Anggota Komisi A hadir dalam hearing bersama baperjakat, untuk mengklarifikasi polemik mutasi pejabat. Karena dalam hearing tersebut hanya dihadiri oleh dirinya dan Abdul Halim Dari Fraksi Kebangkitan Bangsa.

(650 views)
Tag: