Dinas Pendidikan Bantah Pernyataan Ketua Baperjakat Tentang Usulan Mutasi Susulan

Keterangan Ketua Baperjakat Sugiarto dalam hearing bersama Komisi A DPRD Jember, terkait polemik mutasi Pejabat Eselon IV di Lingkungan Dinas Pendidikan bertolak belakang dengan pernyataan pihak dinas pendidikan. Jika Sugiarto menyatakan semua sesuai usulan, dinas pendidikan justru menyatakan tidak pernah mengusulkan 5 nama Peabat Eselon IV yang dipersoalkan.

Seperti diungkapkan Kepala UPTD Kalisat Didit Aji Purnomo sebelumnya. Ia mengaku tidak pernah mengusulkan ataupun mempromosikan Salah Satu Kepala Sekolah Di Kalisat untuk menjabat sebagai Kepala UPTD. Tahu-Tahu pagi sebelum pelantikan, dirinya mendapat telfon untuk memberi tahu Kepala Sekolah SDN Ajung, untuk menghadiri pelantikan Pukul 13. 00.

Didit juga mengaku sangat kaget ketika ternyata Kepala Sekolah SDN Ajung tersebut, diangkat sebagai Kepala UPTD Kecamatan Silo. Padahal sebagai Kepala UPTD yang tahu betul kondisi bawahannya, Didit merasa tidak pernah mempromosikan.

Sementara Ketua Baperjakat Sugiarto dalam hearing bersama Komisi A DPRD Jember menyatakan, Baperjakat tidak pernah intervensi terkait siapa yang dipromosikan atau diusulkan oleh SKPD untuk dimutasi. Baperjakat hanya bersifat menguji, apakah nama yang diusulkan sesuai dan layak secara kepangkatannya.

Baperjakat lanjut Sugiarto, tidak mungkin kenal satu per satu pejabat apalagi yang berada di kecamatan. Sehingga Sugiarto memastikan semua nama merupakan usulan SKPD. Jika terjadi perbedaan nama di Lingkungan Dinas Pendidikan, bisa jadi ada dua usulan yang masuk, tetapi usulan susulan tersebut masuknya terlambat.

Senada dengan Didit Aji Purnomo, Kepala Bidang Ketenagaan Pendidikan Dispendik Jember, Henny Hayani juga membantah Pernyataan Ketua Baperjakat Sugiarto. Menurut Henny, sepengetahuannya dinas pendidikan tidak pernah memasukkan dua kali usulan mutasi ataupun promosi. Bahkan arsip usulan yang diajukan masih ada di kantornya.

Jika yang dimaksud usulan dua atau tiga tahun lalu bisa jadi ada. Tetapi Henny yakin baperjakat tidak akan menggunakan usulan yang diajukan sudah dua tahun lalu. Apalagi dalam usulan dua atau tiga tahun lalu itupun 5 nama yang dipersoalkan oleh Komisi A tidak pernah ada. Tetapi Henny mengaku tidak tahu jika selain usulan dinas pendidikan, ada rekomendasi atau disposisi mengusulkan kelima nama tersebut.

(899 views)
Tag: