Pemkab Titipkan Anggaran Pelepasan Lahan Double Way Hayam Wuruk Kepada Kejaksaan

Pemkab Jember Tahun 2012 menitipkan anggaran senilai Rp 5 Milyar, untuk proses pembebahasan lahan Double Way Hayam Wuruk dan jalur lintas selatan ke Kejaksaan Negeri Jember sebagai pengacara Negara. Ditargetkan Tahun 2012 proses pembebasan lahan yang selama ini bermasalah sudah bisa dituntaskan.

Ketua Komisi C DPRD Jember Mohammad Asir menjelaskan, pertengahan Tahun 2011 lalu, masih ada 30 persen lahan double way hayam wuruk yang belum dibebaskan. Melalui perubahan APBD 2011 beberapa diantaranya sudah diselesaikan. Sisanya akan diselesaikan Tahun 2012. Menurut Asir, akhir Tahun 2011 lalu sudah banyak masyarakat pemilik lahan yang mengajukan penjualan tanahnya. Tinggal pembayarannya akan dilakukan tahun ini.

Asir mengakui masih ada beberapa warga yang menolak melepaskan tanah miliknya, karena belum ada kesepakatan terkait nilai ganti rugi. Namun merujuk pada Peraturan Pemerintah Tahun 2010, yang menyatakan apabila pemilik tanah tidak bersedia melepaskan tanah miliknya yang akan digunakan untuk kepentingan umum bisa diajukan ke meja hijau. Karenanya pemkab menitipkan uang ganti rugi kepada kejaksaan sebagai pengacara Negara.

Lebih jauh Asir menjelaskan, PU Bina Marga diharapkan segera melakukan aktifitas lanjutan Pembangunan Double Way Hayam Wuruk, tanpa harus menunggu selesainya pembebasan lahan yang masih bermasalah. Dengan demikian diharapkan warga yang masih bersikeras menolak melepaskan lahannya, bisa berpikir dua kali untuk tetap bertahan. Bagi warga yang sudah siap melepaskan lahannya, dipersilahkan langsung berhubungan dengan pihak kejaksaan. Sedangkan yang masih menolak akan diselesaikan di Pengadilan Negeri Jember.

Diberitakan sebelumnya, Pemkab Jember berencana memperpanjang double way gajah mada hingga ke perempatan mangle. Sejak Tahun 2007 lalu pembangunan double way ini tidak kunjung selesai, karena beberapa warga pemilik tanah bersikeras tidak bersedia melepaskan lahannya dengan alasan belum ada kesepakatan terkait nilai ganti rugi.

(973 views)
Tag: