Komisi C Sesalkan Penurunan Pendapatan Dari Sektor PBB

Ketua Komisi C DPRD Jember Mohammad Asir menyayangkan merosotnya pendapatan daerah dari sektor Pajak Bumi Dan Bangunan Tahun 2011 dibandingkan tahun 2010 lalu.

Kepada sejumlah wartawan Asir menjelaskan, jika tahun lalu dari Rp 22 Milyar yang ditargetkan, PBB lunas bisa mencapai 70 persen lebih. Sedangkan tahun ini dari Rp 25 Milyar yang ditargetkan, hanya mampu tercapai 60 persen lebih. Dari hasil evaluasi, ternyata validitas data yang menjadi persoalan utama.

Karena Tahun 2013 mendatang oleh Pemerintah Pusat PBB dilimpahkan kewenangannya ke daerah, Asir berharap segera dilakukan validasi data wajib pajak. Selain itu juga harus dilakukan pembinaan terhadap terhadap petugas penarik pajak dilapangan yang selama ini kinerjanya masih belum maksimal.

Lebih jauh Asir menjelaskan, kurang tertibnya penyetoran hasil penarikan PBB juga menjadi kendala. Saat ini saja Menurut Asir, masih banyak Setoran PBB yang masih dipakai oleh perangkat desa.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun Kiss Fm, Kecamatan Ambulu masih menjadi kecamatan terbaik dalam pelunasan PBB mencapai 100 persen. Sementara pelunasan PBB terendah di Kecamatan  Puger yang hanya mencapai 32 persen.

(748 views)
Tag: