PMI Jawa Timur Contoh Sistem Bank Data Relawan Donor Darah Dari Jember

PMI Jawa Timur mencontoh sistem bank data sukarelawan donor darah, untuk meningkatkan jumlah pendonor darah aktif. Demikian disampaikan Ketua PMI Jawa Timur Imam Utomo, usai upacara hari relawan PMI di Alun-Alun Jember Selasa pagi.

Menurut Imam, saat ini di Jawa Timur baru tercatat 200 ribu orang sukarelawan donor darah. Untuk mencapai target  nasional 2 Persen dari total penduduk, PMI Jawa Timur masih membutuhkan sekitar 400 sampai 500 ribu orang sukarelawan donor darah.

Untuk mencapai target tersebut PMI Jawa Timur membuka gerai donor darah di kampus dan pusat perbelanjaan. Di surabaya misalnya, dengan dukungan sebuah televisi swasta gerai donor darah di buka di kampus Universitas 17 Agustus. Sedangkan di Malang gerai di buka di pusat perbelanjaan. Kedepan PMI akan membuka gerai di Kampus Universitas Brawijaya Malang dan Universitas Jember.

Untuk keperluan membuka gerai donor darah tersebut, PMI akan menyiapkan tenaga dan peralatan yang dibutuhkan. Sedangkan untuk tempat, diharapkan peran serta pemerintah daerah maupun pengusaha. PMI Jawa Timur juga memberikan bantuan sebuah mobil operasional untuk masing-masing kabupaten dan kota. Untuk Jember sendiri, penyerahan bantuan mobil operasional diberikan saat upacara Hari Relawan PMI Di Alun-Alun Jember Selasa Pagi.

(1.036 views)
Tag: