Penuntasan Kasus Dugaan Korupsi Lapter Terkendala Audit BPK

Penuntasan kasus Dugaan Korupsi Lapter Notohadinegoro, terkendala audit atau perhitungan kerugian negara dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI. Demikian disampaikan Kepala Seksi Tindak Pidana Khusus Kejari Jember, Kliwon Sugiyanta.

Kepad Kiss Fm, Kliwon menerangkan saat ini penyidik telah menuntaskan pemeriksaan terhadap seluruh tersangka, RM, S-N dan SJ. Namun untuk proses selanjutnya, tim penyidik masih menunggu hasil audit BPK.

Sebenarnya kata Kliwon, pihaknya telah berkoordinasi dengan BPK terkait berapa kerugian negara akibat kasus itu. Namun sejauh ini belum ada jawaban secara resmi dari BPK. Padahal sudah dua kali Kejari Jember berkirim surat.

Kliwon menambahkan, penyidik tidak bisa menghitung sendiri berapa kerugian negaranya, sebab kasus ini merupakan subsidi dari perusahaan daerah kepada SKPD. Terkecuali seperti kasus Pemotongan Anggaran Bappekab, DAK Dispendik, dan alkes, penyidik bisa melakukan perhitungan internal.

Diberitakan sebelumnya, Kasus Dugaan Korupsi Lapter merupakan limpahan dari kejaksaan agung. Kasus ini telah menyeret dua Pejabat Jember, yakni Mantan Dirut PDP dan Kepala Dinas Perhubungan, serta pihak ketiga.

(745 views)
Tag: