Acara Kemisan Efektif Mendekatkan Bupati Dengan Rakyatnya

Acara “kemisan” yang mulai digelar hari ini di lobby bupati ternyata berjalan efektif. Masyarakat bisa menyampaikan keluhan, saran bahkan hanya sejedar bersilaturahmi langsung dengan Bupati Jember MZA Djalal.

Usai acara Bupati Jember MZA Djalal mengatakan, sebenarnya untuk bertemu langsung dengan dirinya bisa dilakukan kapan saja. Tetapi memang kalau tidak ada janji sebelumnya, bisa jadi dirinya tidak bisa menemui karena sedang rapat atau ada agenda acara yang tidak bisa diwakilkan. Tetapi dengan adanya acara kemisan ini bisa dipastikan akan bertemu langsung dengannya.

Di hari pertama ini lanjut Djalal, paling banyak masyarkat datang hanya sekedar untuk bersilaturahmi setelah dirinya setahun tidak aktif di jember. Persoalan lain yang diutarakan rata-rata masalah pembangunan infrastruktur di pedesaan, mulai jalan, masjid, pertanian, bahkan juga sempat muncul persoalan kenaikan pangkat dari PNS. Semua lanjut Djalal, sudah dicatat oleh ajudan dan akan diperintahkan kepada SKPD terkait untuk menindak lanjutinya.

Sementara Kosim, tenaga kontrak petugas penyuluh lapangan pertanian yang juga ikut dalam acara tersebut mengaku puas setelah bertemu langsung dengan bupati. Dirinya lanjut Kosim, datang untuk menyampaikan aspirasi teman-temannya terkait tambahan honor bagi tenaga Kontrak PPL.

Tahun ini mereka hanya dikontrak 8 bulan oleh pemerintah pusat, tetapi mereka bekerja penuh selama 12 bulan. Sehingga 4 bulan yang tidak terbayar oleh pemerintah pusat, ditanggung oleh pemerintah daerah senilai 450 ribu rupiah per bulan. Setelah menyampaikan keluhannya kepada bupati, bupati memastikan akan diberikan tambahan honor Per  Januari 2012. Tetapi berani nilai tambahan yang diberikan tentu masih harus menunggu kekuatan APBD 2012 mendatang.

Lebih jauh Kosim menerangkan, komunikasi langsung bupati dengan masyarakat seperti ini sangat efektif. Sebab ketika disampaikan langsung kepada bupati, bupati langsung memberikan solusi dan memerintahkan kepala skpd untuk menindaklanjutinya. Atau jika yang disampaikan diluar batas kewenangan bupati, masyarakat bisa tahu kendalanya memang tidak bisa diselesaikan oleh bupati.

(926 views)
Tag: