BPBD Jember Belum Terbentuk, Djalal Minta Maaf

Bupati Jember MZA Djalal meminta maaf karena sampai saat ini Kabupaten Jember masih belum membentuk Badan Penanganan Bencana Daerah (BPBD). Padahal Kabupaten Jember termasuk salah satu wilayah rawan bencana di Jawa Timur.

Menurut Djalal, Dirinya sudah beberapa kali berjanji kepada Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Syamsul Ma’arif, untuk membentuk BPBD di Kabupaten Jember. Namun karena Tahun 2009 lalu masih disibukkan proses Pilkada dan kemudian dirinya dinonaktifkan sementara, sehingga pembentukan BPBD tertunda.

Djalal berjanji akan mengupayakan pembentukan BPBD Kabupaten Jember Tahun 2012 mendatang. Namun karena harus melalui perubahan Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SOTK) tentu harus dilakukan konsultasi dengan gubernur dan mendagri terlebih dahulu.

Sementara  Kepala Pusat Data Informasi Dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menyambut baik rencana pembentukan BPBD Kabupaten Jember. Menurutnya BNPB memiliki anggaran yang sangat besar untuk penanggulangan bencana. Namun dana tersebut bisa diberikan hanya kepada daerah yang sudah memiliki BPBD.

(1.075 views)
Tag: