Tahun Depan Pencairan BOS Langsung Ke Rekening Sekolah

Untuk memangkas birokrasi dan evisiensi waktu, pencairan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tahun depan alan langsung ke rekening sekolah. Demikian hasil konsultasi Komisi D DPRD Jember saat kunker ke kementerian pendidikan.

Ketua Komisi D DPRD Jember Ayub Junaedi menjelaskan, saat ini pencairan dana BOS masih melalui kas daerah. Belajar dari pengalaman tahun lalu, banyak daerah yang terlambat mencairkan dana BOS, karena terbentur kepemimpinan dan aturan dalam keuangan daerah, seperti keterlambatan penetapan APBD Kabupaten. Sehingga rencananya tahun depan pencairan BOS langsung dari APBD propinsi ke rekening sekolah masing-masing.

Selain pertimbangan keterlambatan pencairan, Kementerian Pendidikan juga berupaya membatasi ruang terjadinya pungutan-pungutan di luar ketentuan yang berlaku. Sehingga dengan langsung dicairkan ke rekening sekolah, tentu saja memperpendek birokrasi pencairan dana BOS.

Lebih jauh Ayub menerangkan, perubahan mekanisme pencairan Dana BOS ini sekarang masih belum final. Namun draft aturan sudah diajukan dan besar kemungkinan tahun 2012 mendatang aturan ini yang akan diterapkan.

(880 views)
Tag: