Ratusan Koper Jamaah Haji Kloter 14 Dan 15 Tertahan di Arab Saudi

Gara-gara ketahuan membawa air zam-zam, ratusan koper Jamaah Haji Asal Jember yang tergabung dalam Kloter 14 dan 15, di tahan pihak bea cukai Bandara King Abdul Azis Jeddah Arab Saudi.
Kepala Seksi Haji Dan Umroh Kantor Kementrian Agama Jember, Muhammad Muslih ketika dikonfirmasi menjelaskan, pada saat dilakukan pemeriksaan di bandara, ternyata ditemukan barang cair berupa air zam-zam di koper jamaah.
Sehingga pihak bea cukai tidak bisa mentoleransi persoalan tersebut. Sebab berdasarkan aturan penerbangan, barang cair tidak boleh masuk ke dalam pesawat. Berdasarkan data di Kementrian Agama Jember, ada sekitar 400 lebih koper jamaah yang bermasalah dan hingga hari ini masih di tahan.
Muslih sendiri mengaku tidak habis fikir mengapa persoalan ini bisa terjadi. Padahal jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan bahkan sebelum pemulangan haji, para jamaah sudah dihimbau untuk tidak membawa barang cair. ia mencontohkan di kloter 12, tidak ada satupun koper jamaah yang ditahan oleh bea cukai. Untuk barang-barang seperti air zam-zam telah dikirim melalui jasa pengiriman.
Lebih lanjut Muslih menerangkan, berdasarkan informasi terakhir yang masuk ke Kementrian Agama Jember, ada sekitar 160 koper yang sempat bermasalah saat ini tiba di Surabaya. Namun Kementrian Agama Jember memutuskan tidak mengambilnya terlebih dahulu menunggu koper-koper yang lain

(774 views)
Tag: