Aktifis Forum Solidaritas Petani Kasus Jember Memprotes Penangkapan Petani

Belasan aktifis petani yang tergabung dalam Forum Solidaritas Petani Kasus Jember (FSPKJ), Selasa pagi, memprotes keras penangkapan yang dilakukan polisi terhadap sejumlah Petani Semboro dan Sumberbaru. 

Koordinator FSPKJ, Bambang Teguh mengatakan, dengan penangkapan tersebut polisi telah melakukan kriminalisasi terhadap petani. Padahal beberapa waktu yang lalu, melalui proses Judical Review terhadap undang- undang perkebunaan. Dan ternyata Mahkamah Konstitusi telah menghapus pasal- pasal kriminalisasi terhadap petani.

Untuk itu lanjut Bambang, pihaknya meminta kepada kepolisian, dalam menyelesaikan kasus sengketa tanah ini mengedepankan semangat Undang-Undang 1945 dan Undang- Undang Pokok Agraria 1960.  Selain itu Bambang meminta agar dihentikan segala bentuk intimidasi kepada masyarakat, serta membentuk tim independen pencari fakta terhadap penyelesaian kasus ini.

Menanggapi desakan FSPKJ, Kapolres Jember AKBP Samudi mengaku tidak mempersoalkan protes tersebut. Samudi mempersilahkan elemen masyarakat, jika memang ada yang salah dengan kepolisian untuk menempuh jalur hokum yang ada.

Samudi justru berbalik tanya terkait legalitas lembaga FSPKJ. Sebab informasi yang ia dapat, lembaga tersebut belum terdaftar di Bakesbangpol Linmas.

(892 views)
Tag: