Mantan Ketua MK Nilai Kinerja Legislatif Dan Eksekutif Masih Belum Maksimal

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Jimly Asshiddiqie menilai kinerja legislatif dan eksekutif masih belum maksimal. Demikian disampaikannya usai memberikan pidato dalam rangka Dies Natalis Universitas Jember, Senin siang.

Kepada sejumlah wartawan, Jimly berpendapat, kesibukan wakil rakyat saat ini tidak terlalu banyak manfaatnya bagi masyarakat. Mereka dipaksa mengerjakan pekerjaan staf, seperti kegiatan kunjungan kerja, sosialisasi undang- undang, melakukan fit and proper terhadap calon pejabat dan membentuk banyak panja.

Akibat kesibukan tersebut lanjut Guru Besar Hukum Tata Negara Universitas Indonesia ini, fungsi yang sesungguhnya terbengkalai. Seperti fungsi legislasi, fungsi pengawasan dan anggaran. Ini dibuktikan dengan banyak pengawasan yang sifatnya hanya kasuistik belaka.

Begitupun dengan fungsi eksekutif. Menurut Jimly, pemerintah saat ini baik di tingkatan pusat maupun di daerah, cenderung hanya membangun opini di media massa. Semestinya mereka berkonsentrasi untuk bekerja sesuai tujuan demi kemakmuran rakyat.

Jimly berharap, agar kedua lembaga ini segera melakukan pembenahan. Paling tidak melakukan penguatan konsolidasi untuk membahas persoalan substantive, seperti kemakmuran rakyat dan keutuhan bangsa.

(760 views)
Tag: