Petugas Gabungan Polres Jember Dan TNMB Bekuk Pelaku Ilegal Loging

Petugas gabungan dari kepolisian dan Polhut Taman Nasional Meru Betiri (TNMB) membekuk pelaku ilegal loging. Pelaku diketahui berinisial JM Warga Dusun Mandilis Desa Sanen Rejo Kecamatan Tempurejo.

Dari tangan pelaku, petugas mengamankan barang bukti berupa kayu jenis takir dengan berbagai macam ukuran sebanyak 19 buah. Selain itu petugas juga mengamankan gergaji dan bahan baker, yang digunakan pelaku pada saat melancarkan aksinya.

Koordinator Polisi Hutan TNMB, Musyaffak kepada sejumlah wartawan mengatakan, penangkapan pelaku merupakan pengembangan dari kejadian ilegal loging sebelumnya. Pelaku ditangkap di rumahnya Rabu dini hari sekitar pukul 2 pagi.

Sementara Kasatreskrim Polres Jember, Ajun Komisaris Polisi Alith Alarino membenarkan jika Rabu Dini hari tadi, anggotanya bersama Petugas TNMB melakukan penangkapan terhadap pelaku ilegal loging.

Saat ini lanjut Alith, pelaku diamankan di Mapolres Jember untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut. Kepada penyidik pelaku mengaku sudah sering kali melakukan pencurian kayu, namun baru tertangkap sekarang. Pelaku akan dijerat dengan Undang-Undang Nomer 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan, dengan ancaman hukuman di atas lima tahun penjara.

(858 views)
Tag: