Masuki Musim Hujan, 9 Kecamatan Rawan Bencana

Memasuki musin hujan 9 Kecamatan Di Jember diminta waspada terjadinya bencana. Demikian disampaikan Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Jember Edi B Susilo beberapa waktu lalu.

Menurut Edi, 9 kecamatan yang berdasarkan pemetaan Badan Penanggulangan Bencana rawan banjir dan tanah longsor, diantaranya Sumberbaru, Tanggul, Bangsalsari, Panti, Sukorambi, Arjasa, Patrang, Jelbuk Dan Silo. jika terjadi hujan dengan skala diatas rata-rata besar kemungkinan di 9 kecamatan tersebut terjadi tanah longsor.

Sementara untuk daerah rawan banjir Pemerintah Kabupaten Jember mewaspadai Daerah Aliran Sungai atau (DAS) Dinoyo, Kaliputih dan Rengganis. Sebab ketiga DAS tersebut berpusat di satu titik sehingga rawan terjadi banjir. Hulu ketiga DAS itu berada di Panti, sementara hilirnya terdapat di rambipuji hingga balung.

Selain itu lanjut Edi, daerah aliran sungai yang perlu diwaspadai yaitu DAS Kali Jompo yang berhulu di sukorambi sampai dengan wilayah perkotaan. Sedangkan DAS kali Mayang mulai dari hulu di Silo, Mayang turun hingga ke Pakusari, Mumbulsari, Jenggawah dan Ambulu.

(766 views)
Tags: