Ketua DPRD Desak Pj Bupati Segera Lanjutkan Mutasi

Ketua DPRD Jember Saptono Yusuf mendesak Pj Bupati segera melakukan penataan birokrasi, mengingat banyaknya agenda yang harus segera diselesaikan. Sebab jika tidak segera dilakukan penataan, bisa jadi APBD 2012 mendatang terlambat lagi ditetapkan seperti APBD 2011 lalu.

Kepada sejumlah wartawan saptono menjelaskan, saat ini sudah sangat banyak sekali jabatan kosong di Jember. Meski sudah ditunjuk Plt, tentu saja kewenangan dan keberanian Plt dalam mengelola anggaran tidak sama dengan pejabat difinitif. Saptono mencontohkan kekosongan jabatan Kepala Bappekab yang saat ini menjalani penahanan kejaksaan, apalagi Sekretaris Bappekab juga memasuki masa pension.

Saptono bisa memahami sikap kehati-hatian pj bupati sebelum melaksanakan mutasi pejabat. Tidak segera dilakukannya mutasi bukan berarti pj bupati takut ancaman interpelasi oleh fraksi koalisi. Tetapi memang pj sedang melengkapi persyaratan sesuai dengan prosedur, agar pasca mutasi nanti tidak ada celah untuk dipersoalkan oleh pihak lain. Tetapi tidak ada pilihan lain bagi pj bupati untuk menunda mutasi, jika tidak ingin APBD 2012 mendatang terlambat lagi.

Saptono juga menduga tidak segera dilakukannya mutasi oleh Pj Bupati karena adanya rumor bahwa Putusan MA menyatakan Bupati Jember Non Aktif MZA Djalal dibebaskan. Bisa jadi Pj Bupati sedang melakukan penelusuran kabar tersebut. Sebab sangat tidak etis jika saat ini pj bupati melakukan mutasi, seminggu kemudian MZA Djalal diaktifkan lagi kemudian terjadi mutasi kembali.

Ketika dikonfirmasi sebelumnya, Pj Bupati Jember Teddy Zarkasih membantah dirinya gamang untuk melanjutkan mutasi. Sepanjang ijin gubernur untuk mutasi belum dicabut, dirinya tetap akan melakukan mutasi. Tetapi tentu saja melalui prosedur yang benar. Sayangnya zarkasih tidak menyebutkan prosedur apa yang belum dikantonginya untuk melakukan mutasi.

(896 views)
Tag: