Jember Masuk Tiga Besar Daerah Rawan Bencana Se Jawa Timur

Kabupaten Jember masuk dalam tiga besar daerah paling rawan bencana alam di seluruh Jawa Timur. Demikian disampaikan Kepala Markas PMI Cabang Jember, Sukaryo. 

Kepada sejumlah wartawan, Sukaryo menerangkan sejak Tahun 1999 hingga 2010, bencana alam yang terjadi di jember mencapai 214 kejadian. Peringkat pertama diduduki Kabupaten Pacitan dengan 389 kejadian, lalu peringkat kedua Kabupaten Malang dengan 222 kejadian.

Sukaryo menambahkan, selama tahun itu, bencana kebakaran mendominasi di kabupaten jember. Bahkan data terakhir yang masuk ke PMI Cabang Jember, di Kecamatan Kalisat ada 4 rumah terbakar, Kecamatan Ajung 2 rumah, lalu Bangsalsari dan Tanggul masing-masing 1 rumah.

Berdasarkan evaluasi PMI lanjut Sukaryo, kebakaran disebabkan karena Human Error. Biasanya masyarakat di pedesaan terkadang lupa mematikan kompordan lampu tradisional dengan bahan bakar minyak tanah.

Lebih lanjut Sukaryo menerangkan, selain kebakaran, bencana yang serting terjadi di jember diantaranya, banjir genangan, banjir banding, tsunami, angin puting beliung, longsor dan gelombang laut. Untuk itu ia berharap kepada masyarakat untuk terus meningkatkan kewaspadaannya. Apalagi sejak seminggu terakhir hujan terus mengguyur seluruh wilayah jember.

(887 views)
Tags: