Puluhan Warga Payangan Mengungsi Karena Takut Terjadi Tsunami

Puluhan Warga Payangan Desa Sumberejo Ambulu Senin malam panic, akibat terjadinya gelombang pasang hingga mencapai ketinggi 7 meter. Meski tidak ada korban jiwa, sedikitnya 4 dapur rumah warga dan 11 warung dekat pantai hancur tergulung ombak.

Syamsuri salah satu warga setempat menceritakan, peristiwa ini terjadi sekitar jam 10 malam. Mendengar suara gemuruh yang sangat keras, warga mengira akan terjadi tsunami. Sejumlah warga kampung nelayan memutuskan mengungsi untuk sementara waktu, karena khawatir terjadi gelombang susulan. Sebab sejak terjadinya gempa di nusa dua bali beberapa waktu lalu, gelombang laut sudah nampak tidak normal.

Gelombang mulai kembali berangsur normal menurut syamsuri, mulai jam 11 hingga jam 2 dini hari. Meski demikian warga memilih tetap berada di rumah keluarganya yang agak jauh dari pantai. Sementara warga yang masih bertahan di rumahnya memilih untuk tidak tidur hingga pagi.

Samsuri menjelaskan, ombak yang sangat besar terjadi sedikitnya 2 kali. Sebenarnya sehari sebelumnya tanda-tanda gelombang besar sudah terlihat. Dua perahu nelayan di puger tergulung ombak plawangan. Dari kejadian tersebut seorang nelayan dilaporkan tewas, sementara beberapa orang nelayan lainnya berhasil diselamatkan.

(1,176 views)
Tags: