Unit PMK Butuh Perhatian Serius

Kondisi Unit Pemadam Kebakaran Jember saat ini dalam kondisi sangat memprihatinkan. Selain armada yang dimiliki sudah berusia uzur, beberapa diantaranya juga mengalami kerusakan parah. Bahkan 3 selang air yang dimiliki banyak yang bocor.

Kepala Unit Pemadam Kebakaran Jember Sumaryadi menjelaskan, saat ini pihaknya memiliki 6 unit mobil pemadam, tetapi dua diantaranya sudah tidak mungkin bisa dioperasikan lagi, karena dalam kondisi rusak berat. Selain itu 3 dari 12 selang air kondisinya juga memprihatinkan. Banyak bocor disana-sini sehingga tidak mungkin lagi bisa dipakai.

Untuk itu lanjut Sumaryadi, pihaknya mengajukan anggaran pengadaan unit mobil kebakaran baru. Idealnya memang dibutuhkan dua unit mobil pemadam, tetapi jika pemkab hanya mampu memberikan satu unit saja sudah cukup bagus. Selain itu dirinya juga mengajukan pengadaan suku cadang, untuk memperbaiki mobil pemadam yang saat ini dalam kondisi rusak.

Meski dengan kondisi peralatan yang kurang memadai, Sumaryadi bersyukur sejauh ini pihaknya masih mampu menangani kasus kebakaran yang terjadi di jember. Sepanjang tahun 2011, sedikitnya tercatat terjadi 30 kasus kebakaran yang berhasil ditangani mayoritas terjadi pada gudang-gudang pengeringan tembakau.

Menurut Sumaryadi, kasus kebakaran di gudang pengeringan tembakau di jember sudah seperti langganan. Setiap tahun pasti ada saja gudang yang terbakar karena memang dilihat dari kondisi fisik gudang pengeringan sangat rawan terbakar.

(972 views)
Tag: