Balmon Lakukan Sweeping, KPID Jawa Timur Kebanjiran Pengajuan Ijin Radio Baru

KPID Jawa Timur akhir-akhir ini banyak di datangi radio illegal, meminta diberikannya rekomendasi kelayakan untuk pengurusan ijin baru. Hal ini terjadi pasca dilakukannya operasi penertiban yang dilakukan balai monitoring di daerah Jombang dan Kediri beberapa waktu lalu.

Anggota KPID Jatim Mohammad Dawud disela-sela verifikasi perpanjangan ijin radio Selasa Malam menjelaskan, sesuai Undang-Undang 32 Tahun 2002, radio yang melakukan siaran sebelum memiliki ijin penggunaan frekuensi masuk kategori pelanggaran pidana, dengan sangsi 2 tahun penjara.

Namun karena saat ini sudah tidak ada lagi kanal frekuensi yang bisa diberikan untuk pengajuan ijin baru, KPID juga tidak akan pernah bisa mengeluarkan rekomendasi kelayakan. Sebab ada moratorium dari Menkominfo, terhitung Sejak Tahun 2008 sudah tidak diperkenankan lagi mengeluarkan ijin radio baru. Solusinya balai monitoring akan melakukan penyegelan jika mereka tetap memaksa melakukan siaran.

Lebih jauh Dawud menjelaskan, saat ini yang sedang di proses oleh KPID Jatim hanya untuk pengurusan perpanjangan ijin bagi 98 radio di Jawa Timur yang selama ini sudah eksis. Untuk penertiban radio yang belum berijin akan segera dilakukan oleh balai monitoring. Jika saat ini penertiban baru di daerah Jombang dan Kediri, secara acak nantinya pasti akan dilakukan di daerah Jember, Bondowoso, Situbondo Dan Banyuwangi.

(2.093 views)
Tag: