Mantan Mendiknas Minta Percepatan Sertifikasi Guru

Dewan Pembina PGRI yang juga Mantan Mendiknas Wardiman Joyonegoro, meminta pemerintah menambah investasi untuk progam sertifikasi guru. Hal ini perlu dilakukan, mengingat sampai saat ini kurang dari 50 persen guru di indonesia yang sudah ter sertifikasi.

Usai memberikan seminar pendidikan berbasis tehnologi informasi di Kantor Diknas Jember Wardiman menjelaskan, sesuai undang-undang progam sertifikasi dilakukan hingga Tahun 2014. Tetapi kenyataannya dilapangan, baru sekitar 30 persen guru yang saat ini sudah tersertifikasi. Jika tidak dilakukan percepatan, Wardiman pesimis target pemerintah menuntaskan sertifikasi guru di tahun 2014 bisa tercapai.

Wardiman berpendapat, progam sertifikasi guru merupakan awal yang sangat baik untuk meningkatkan profesionalitas guru. Memang karena ini merupakan progam baru, saat ini belum bisa dilihat dalam data statistik angka profesionalitas guru. Namun nanti setelah setelah 2014, ketika kesejahteraan guru sudah terpenuhi maka profesionalitas guru bisa dikebut.

Lebih jauh Wardiman menjelaskan, beberapa kali dirinya mendatangi kabupaten dan kota di indonesia rata-rata jumlah guru bersertifikasi beru mencapai 30 persen. Wardiman justru mengaku heran kenapa di Jember yang merupakan kabupaten kecil di jawa timur justru bisa mencapai 70 persen.

(856 views)
Tags: