Tak Miliki Dokter Spesialis Tetap, Komisi D Usulkan Rumah Sakit Jember Klinik Ditutup

Anggota Komisi D DPRD Jember, Abdul Ghafur mengusulkan agar Rumah Sakit Perkebunan atau yang lebih dikenal Jember Klinik ditutup. Usulan ini terungkap saat rapat dengar pendapat, antara Komisi D DPRD Jember dengan jajaran manajemen Rumah Sakit Jember Klinik, Kamis Siang.

Politisi PAN itu mengaku berkali- kali mendengar keluhan masayarkat dari media massa terkait pelayanan di Jember Klinik. Dan ternyata kata Ghafur, Anggota Komisi D pun Zainul Hasan juga merasakan hal yang sama.

Jika memang Jember Klinik belum siap memberikan pelayanan yang baik dan menyediakan dokter spesialis sendiri, Ghafur mengusulkan agar segera ditutup. Ia kawatir kejadian serupa akan terulang kembali.

Ketua Komisi D DPRD Jember, Ayub Junaidi mengatakan, setelah mendengar keterangan dari kepala Jember Klinik, Komisi D berkesimpulan Jember Klinik belum memenuhi syarat sebagaimana tertuang dalam undang- undang.

Dimana lanjut Ayub, Rumah Sakit Tipe C seperti Jember Klinik, minmal harus memiliki empat Dokter Spesilis Tetap. Namun faktanya, dokter spesialis yang ada adalah dokter dari rumah sakit subandi. Untuk itu Komisi D meminta kepada pejabat yang berwenang, agar meninjau ulang sk perijinan pendirian rumah sakit yang diberikan kepada Jember Klinik.

Ayub juga memastikan tidak hanya jember klinik saja yang akan dipanggil, namun semua rumah sakit swasta juga akan dipanggil, untuk dilakukan klarifikasi terkait fasilitas dan tenaga medis yang dimiliki.

Usai hearing, Kepala Rumah Sakit Jember Klinik, Bambang Samudra enggan berkomentar terkait usulan penutupan rumah sakit yang dipimpinnya. Ia mengaku akan menyampaikan usulan tersebut kepada jajaran Direksi PTPN  X.

Meski demikian Bambang tidak mengelak, jika dokter spesialis di Jember Klinik adalah dokter tamu dari rumah sakit subandi. Ia mengaku telah mengajukan anggaran ke jajaran direksi PTPN X untuk merekrut empat dokter spesialis. Karena telah diamanahkan oleh undang- undang.

Lebih jauh Bambang menerangkan, saat ini ada 22 dokter spesialis dari rumah sakit subandi yang praktik di jember klinik. Sedangkan untuk dokter umum jember klinik memiliki 9 dokter tetap.

(926 views)
Tag: