Kejari Jember Periksa 300 Saksi Kasus DAK Dinas Pendidikan

Pasca ditetapkannya Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jember, Ahmad Sudiyono, sebagai tersangka kasus dugaan korupsi Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2010, penyidik Kejaksaan Negeri Jember terus melakukan pemeriksaan 300 saksi secara maraton.

Kepala Kejaksaan Negeri Jember, Wilhelmus Lingitubun ketika dikonfirmasi mengatakan, ada 264 kepala sekolah dan guru Se Kabupaten Jember yang akan diperiksa sebagai saksi. Selain itu, penyidik juga meminta keterangan saksi ahli dari Kementrian Pendidikan Nasional Pusat, Ahli Hukum Perjanjian, Pusat Perbukuan Nasional dan Ahli Muatan Lokal.

Untuk itu kata Lingitubun, hampir setiap hari sebanyak 20-30 kepala sekolah diperiksa oleh penyidik. Sebab Kejari Jember menargetkan, akhir Bulan September mendatang pemeriksaan seluruh saksi termasuk tersangka telah rampung. Sehingga untuk proses selanjutnya, penyidik tinggal menunggu perhitungan atau audit dari BPKP Jawa Timur terkait kerugian negara yang ditimbulkan akibat kasus tersebut.

Sebelumnya, Per Tanggal 5 September kemarin, Kadispendik Jember, Ahmad Sudiyono oleh Kejari Jember ditetapkan sebagai tersangka baru kasus DAK Tahun 2010. Kejari Jember mengaku telah mempunyai sejumlah bukti kuat untuk menetapkan ahmad sebagai tersangka. Selain Ahmad Sudiyono, Kejaksaan Negeri Jember telah menetapkan enam tersangka. itu artinya, saat ini ada 7 tersangka yang telah ditetapkan oleh Kejari Jember terkasus DAK.

(968 views)
Tags: