PT KAI Batasi Jumlah Penumpang Angkutan Lebaran

Untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan penumpang arus mudik dan arus balik lebaran, PT. KAI Daops 9 Jember berencana membatasi penumpang kereta kelas ekonomi. Karena itu tahun ini tiket kereta kelas ekonomi bisa dipesan seminggu sebelum hari pemberangkatan.

Manajer Humas PT KAI Daops 9 Jember Gatot Triatmoko mengungkapkan, sesuai Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2007, penjualan tiket kelas ekonomi dibatasi dengan kapasitas maksimal 150 persen. Sehingga dengan kapasitas gerbong 100 tempat duduk, dalam pelayanan arus mudik dan arus balik lebaran nanti PT. kai hanya akan menjual 150 tiket tiap gerbong.

Setelah tiket terjual habis maka pintu gerbong terpaksa akan ditutup. Namun dengan perubahan kebijakan ini, tiket kereta kelas ekonomi yang tahun sebelumnya tidak bisa dipesan sebelum hari pemberangkatan, untuk tahun ini bisa dipesan. Hanya saja batas waktu pemesanan maksimal 7 hari sebelum pemberangkatan.

Pembatasan penumpang ini dilakukan menurut gatot, untuk memberikan kenyamanan dan keselamatan bagi penumpang sendiri. Toleransi 50 persen dari jumlah tempat duduk dirasa masih layak jika dibandingkan tahun sebelumnya yang bisa mencapai 200 persen.

Sementara untuk kereta kelas bisnis dan eksekutif tidak ada perubahan kebijakan. Tiket bisa dipesan secara online dengan penerapan tarif batas atas. Namun berbeda dengan kelas ekonomi yang ada toleransi 50 persen dari tempat duduk, untuk kelas bisnis dan eksekutif sama sekali tidak ada toleransi. Sehingga tiket yang dijual disesuaikan dengan jumlah tempat duduk.

(820 views)
Tag: