Kadispendik Bantah Pencairan Bos Swasta Lebih Rumit Dibanding Sekolah Negeri

Kepala Dinas Pendidikan Jember Ahmad Sudiono mengakui mekanisme pencairan dana BOS untuk sekolah swasta, berbeda dengan pencairan BOS untuk sekolah negeri. Meski demikian Ahmad membantah pencairan bos sekolah swasta lebih sulit dibandingkan sekolah swasta.

Ahmad Sudiono kepada sejumlah wartawan mengatakan, untuk sekolah negeri pencairan BOS langsung di bawah koordinasi dinas pendidikan. Sedangkan untuk sekolah swasta, pencairannya melalui Bagian Keuangan Pemkab Jember. Dengan perbedaan mekanisme ini tentu saja aturan yang diterapkan antara sekolah negeri dengan swasta juga berbeda.

Sebenarnya jika diperhatikan, mekanisme pencairan dana BOS untuk sekolah negeri jauh lebih rumit dibandingkan sekolah swasta. Tetapi yang terpenting bukan soal mudah atau sulitnya pencairan, tetapi bagaimana agar penggunaan dana tersebut dilakukan secara transparansi sehingga bisa dipertanggung jawabkan.

Seperti dikeluhkan sejumlah sekolah swasta, hingga akhir Juli lalu banyak sekali sekolah swasta yang belum bisa mencairkan dana bos untuk Tri Wulan Kedua 2011. Rata-rata pihak sekolah mengaku terjebak dengan rumitnya mekanisme pencairan dana BOS yang harus melalui Bagian Keuangan Pemkab Jember.

(751 views)
Tag: