Aktifis IMM Jember Gelar Aksi Solidaritas Terhadap Samad Mantan Karyawan Puslitkoka

Puluhan aktifis Intelektual Muda Muhammadiyah yang mengatasnamakan facebooker peduli Samad, melakukan aksi solidaritas di depan kantor Pusat Penelitian Kopi Dan Kakao Indonesia (Puslitkoka).

Korlap aksi, Arif Windar Prasetyo mengatakan, aksi solidaritas tersebut berangkat dari keprihatinan terhadap Samad, mantan karyawan Puslitkoka yang diduga mengalami kriminalisasi oleh pimpinannya.

Dimana lanjut Windar, berdasarkan data berhasil ia kumpulkan, puslitkoka diduga melakukan pemalsuan bibit kakao yang berhasil ditemukan oleh Samad. Namun sayangnya, Windar mengaku belum pernah bertemu dengan Samad dan tidak bisa menjelaskan dimana saat ini samad berada. Dia hanya mengaku berkomunikasi melalui telfon dengan samad.

Sementara itu Kepala Bidang Usaha Puslitkoka Jember, Suryo Wardani membantah semua tudingan Samad. Sebab semua bibit yang dihasilkan oleh puslit bukan hasil penelitian Samad. Puslitkoka memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP) dengan tehnik Somatic Embryogenesis (SE) untuk memproduksi bahan tanam kakao.

Apalagi lanjut Suryo sejak dicanangkannya gerakan nasional peningkatan produksi dan mutu kakao, belum pernah ada keluhan dari seluruh petani penerima bibit kakao yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, terkait kualitas bibit kako yang dihasilkan puslit.

Suryo menduga apa yang dilakukan samad merupakan manuver yang sengaja dimunculkan, agar muncul pandangan miring dari masyarakat. Samad sendiri kata dia, terjerat kasus pidana di Bondowoso, sebagaimana register laporan yang diterima puslitkoka dari polres Bondowoso. Ketika disinggung soal apakah akan melakukan gugatan terhadap Samad, Suryo mengaku saat ini pihaknya sedang melakukan konsultasi dengan tim penasehat hukum puslit.

 

(1.044 views)
Tag: