Warga Nogosari Desak BPN Tinjau Ulang SK Perpanjangan HGU Tanah Nogosari

Ratusan Warga Desa Nogosari Rambipuji yang tergabung dalam Himpunan Masyarakat Tani Nogosari, Rabu pagi berunjuk rasa di depan Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Jember. Mereka menuntut agar BPN pusat meninjau ulang surat keputusan pemberian perpanjangan waktu hak guna usaha kepada PTPN XI.

Sugito Salah Satu Warga Nogosari mengatakan, HGU atas nama PTPN XI berakhir pada tahun 2007 lalu. Pada tahun 2008 BPN Provinsi Jawa Timur memerintahkan BPN Jember, untuk melakukan penelitian mengenai persoalan yang belum tuntas.

Namun anehnya lanjut Sugito, pada tahun 2009 lalu BPN pusat mengeluarkan SK perpanjangan HGU kpada PTPN XI. Padahal persoalan tanah seluas 300 hektar lebih tersebut hingga saat ini masih belum selesai.

Untuk itu kata Sugito, warga meminta kepada BPN pusat agar meninjau ulang SK perpanjangan HGU itu. Dia mengancam akan melakukan aksi yang lebih besar, jika permohonan tersebut tidak dikabulkan.

Sementara Kepala BPN Jember Siswono pada saat menemui pengunjuk rasa mengatakan, perpanjangan HGU bukan menjadi kewenangan pihaknya. HGU tanah di atas 100 hektar lebih menjadi urusan BPN pusat, sedangkan HGU tanah di bawah 100 hektar menjadi urusan BPN Provinsi Jawa Timur.

Namun demikian, siswono mengaku siap akan melanjutkan aspirasi warga kepada BPN pusat. Dia meminta pengunjuk rasa untuk mengirim surat kepada pihaknya, untuk diteruskan kepada BPN Pusat.

Pantauan Kiss Fm di lapangan, pada saat unjuk rasa berlangsung, seorang warga, Pak Hofsah, pingsan di depan kantor BPN. Saat itu terjadi aksi dorong, antara pengunjukrasa dengan aparat kepolisian di pintu gerbang kantor BPN. Hofsah terdorong rekannya hingga jatuh ke selokan. Kepalanya membentur selokan hingga jatuh pingsan dan dilarikan ke puskesmas terdekat.

(1,060 views)
Tags: