Sejumlah Sekolah Disinyalir Abaikan Perintah Kepala Dinas Pendidikan

Komisi D DPRD Jember merekomendasikan pergantian kepala sekolah, jika terbukti di sekolah tersebut menerapkan pungutan yang memberatkan wali murid. Demikian disampaikan Ketua Komisi D DPRD Jember Ayub Junaedi usai hearing bersama Kepala Dinas Pendidikan Jember Ahmad Sudiono.

Ayub mengaku selama ini sudah masuk beberapa laporan dari masyarakat, yang mengatakan di sejumlah sekolah masih ada penarikan uang sebelum pengumuman penerimaan dilakukan. Padahal aturan semacam ini sudah berkali-kali dilarang. Seharusnya penerimaan diumumkan terlebih dahulu, baru persoalan biaya dirundingkan kemudian. Sehingga besarnya sumbangan tidak terkait dengan penerimaan siswa baru.

Bahkan lanjut Ayub, kepala dinas pendidikan sendiri kepada Komisi D sempat menyampaikan, ada beberapa sekolah yang mengabaikan perintahnya untuk tidak memungut biaya kepada siswa baru. Karena itu ayub meminta dinas pendidikan melakukan inventarisasi, sekolah yang memang sengaja mengabaikan perintah kepala dinas, segera dilakukan pergantian.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Jember Ahmad Sudiono mengatakan, dirinya meminta Komisi D bersama dinas pendidikan langsung mengunjungi sekolah yang di sinyalir melakukan pungutan terhadap siswa. Jika memang terbukti, Ahmad berjanji akan melakukan apapun rekomendasi yang diberikan oleh Komisi D.

(803 views)