PT. Kompos Bumi Makmur Berjanji 3 Bulan Mendatang Pengolahan Pupuk Organik Kembali Beroperasi

PT. Kompos Bumi Makmur berjanji kepada Komisi D DPRD Jember, paling lambat 3 bulan kedepan sudah bisa beroperasi kembali melakukan pengolahan sampah menjadi pupuk organic. Hal ini terungkap dalam hearing Komisi D Dengan Dinas PU Cipta Karya, Dinas Pertanian dan Pimpinan PT. Kompos Bumi Makmur Rabu siang.

Pimpinan PT. Kompos bumi makmur bambang sugiarto menjelaskan, memang sejak pertengahan 2008 lalu pihaknya mengalami kendala internal, hingga menyebabkan terganggunya proses produksi. Selain itu faktor pemasaran juga menjadi kendala yang sangat berat.

Saat ini lanjut Bambang, pihaknya tidak bisa melakukan proses produksi, karena keterbatasan lahan. Pupuk organik siap jual masih menumpuk di gudang, sehingga pihaknya tidak memiliki ruang gerak lagi untuk berproduksi. Meski demikian bambang yakin pihaknya mampu memanfaatkan celah-celah yang ada untuk mengurangi volume gudang, sehingga paling lambat 3 bulan kedepan pengolahan pupuk organik bisa kembali dioperasikan

Kepada Dinas PU Cipta Karya Merwin Lusiani mengatakan, Pemkab Jember masih beritikad baik untuk memberikan tenggang waktu kepada PT. Kompos bumi makmur. Merwin mengakui tidak beroperasinya pengolahan pupuk organic, mengakibatkan terjadinya penimbunan sampah di TPA Pakusari.

Untuk mengatasinya, selain mendesak PT. Kompos Bumi Makmur segera beroperasi kembali, Dinas PU Cipta Karya juga bekerja sama dengan pengurus pkk, untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat agar mau mengolah sampah rumah tangganya sendiri. Rencana jangka panjang, Dinas Pu Cipta Karya akan melakukan perluasan lahan tpa pakusari dengan luas sekitar 4 hektar.

Sementara Ketua Komisi D Dprd Jember Ayub Junaedi berjanji akan memback up penuh PT. Kompos bumi makmur jika memang bisa melakukan operasional lagi 3 bulan kedepan. Sebab menurut ayub, jika persoalan sampah tidak segera tertanggulangi, ujung-ujungnya masyarakat juga yang akan dirugikan. Selanjutnya agar semua mekanisme berjalan sesuai harapan, dalam waktu dekat komisi d akan membicarakan lebih lanjut dengan semua skpd terkait.

(950 views)
Tags: