Seleksi Rekrutmen Direktur BUMD Akan Diserahkan Kepada Assesment Center Badan Diklat Propinsi

Tim yang dibentuk eksekutif dalam proses rekrutment calon Direktur PDAM dan PDP, hanya akan melakukan seleksi administrasi. Sedangkan keputusan terakhir siapa yang akan ditunjuk, menjadi kewenangan assesment centre badan diklat propinsi jawa timur.

Pj Bupati Jember Teddy Zarkasih menerangkan, dalam dua sampai 3 hari kedepan, tim yang dibentuk oleh plt direktur pdam dan pdp diharapkan sudah terbentuk. Selanjutnya tim akan membuka pendaftaran bagi siapapun yang berminat menjadi direktur pdp dan pdam.

Namun demikian menurut Teddy, kewenangan tim yang dibentuk ini hanya sebatas seleksi administrasi saja. Bagi peserta yang lolos seleksi administrasi akan mengikuti beberapa test yang dilakukan oleh assesment centre balai diklat propinsi di Surabaya. Sehingga kewenangan assesment center untuk menentukan siapa satu orang terbaik yang layak ditunjuk sebagai direktur pdam atau pdp.

Teddy menjelaskan memang seharusnya proses penunjukan direktur perusahaan daerah dimanapun seperti ini. Assesment center merupakan lembaga dibawah badan diklat propinsi yang memiliki kredibilitas untuk melakukan seleksi, dengan pakem yang sudah ada. Teddy membantah melakukan sistem ini untuk mengurangi tekanan politik. Hanya saja kebetulan assesment center yang ahli bidang rekrutment pejabat berkantor di Surabaya.

Bahkan jember tergolong terlambat menerapkan sistem ini. Untuk kabupaten dan kota yang lain saat ini bukan hanya menentukan direktur perusahaan daerah. Untuk mengangkat pejabat dan kepala sekolah sekalipun sudah menggunakan jasa assesment center.

(835 views)
Tags: