Hakim Diminta Bebaskan Terdakwa Muharto

Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jember, diminta membebaskan terdakwa kasus dugaan korupsi pengadaan Tanah Bulog Sub Divre XI Jember, muharto. Hal ini terungkap dalam sidang Pledoi kamis siang.

Penasehat Hukum Muharto, Wardoyo mengatakan, dakwaan serta tuntutan yang dialamatkan terhadap kliennya, ​sama sekali tidak dilandasi dengan dasar hukum yang kuat. Sebab pada saat penyidikan awal, kliennya dituduh melakukan mark up dalam pengadaan tanah.

Akan tetapi kata Wardoyo, pada saat proses persidangan, kliennya didakwa melakukan dugaan tindak pidana korupsi atas kompensasi hutang dengan harga tanah. Padahal sebagai bawahan, Muharto hanya menjalankan perintah atasannya dengan menandatangani akta jual beli tanah, serta pengurusan proser sertifikat tanah tersebut. Dan itu semua telah dilaksanakan sesuai petunjuk atasannya.

Untuk itulah lanjut Wardoyo, Tim Penasehat Hukum Muharto meminta kepada majelis Hakim Pengadilan Negeri Jember, untuk membebaskan terdakwa dari semua dakwaan jaksa penuntut umum.

Sebelumnya Mantan Kepala Bulog Jawa Timur, Muharto, yang menjadi terdakwa kasus dugaan korupsi pengadaan tanah, dituntut hukuman 1 tahun 8 bulan penjara denda 50 juta rupiah subsider 3 bulan kurungan penjara. Sidang selanjutnya akan digelar kamis pekan depan, dengan agenda tanggapan dari jaksa penuntut umum atas pembelaan terdakwa.

(957 views)
Tag: