Kuota PPDB Jalur Olahraga Tak Terpenuhi

Kuota Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), melalui jalur cabang olahraga selalu tidak terpenuhi. Seperti yang terjadi di SMA Negeri 4 Jember.
Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas SMA 4 Negeri Jember, Hariyanto kepada Kiss Fm menjelaskan, sejak dibuka empat tahun lalu, kuota jalur olahraga selalu tidak terpenuhi, padahal kuota per tahunnya berkisar antara 20-24 siswa.
Untuk tahun 2011 saja lanjut Hariyanto, dari kuota yang tersedia sebanyak 24 siswa, hanya diikuti oleh 13 siswa. 7 siswa dari jalur olahraga tenis dan 6 siswa dari jalur olahraga renang. Jadi sisanya sebanyak 11 kursi akan dialihkan kepada jalur regular.
Hariyanto menambahkan, Tahun Pelajaran 2011-2012 Pagu SMA Negeri 4 Jember sebanyak 304 siswa. Pagu tersebut dikurangi 24 dari untuk jalur olahraga dan 5 orang yang tidak naik kelas. Dia memprediksikan, jumlah pendaftar di SMA Negeri 4 Jember akan mencapai seribu lebih. Sebab pada hari pertama dibuka, jumlah formulir yang keluar sebanyak 1182 lembar.
Sementara Kepala Dinas Pendidikan Jember, Ahmad Sudiyono, ketika dikonfirmasi membantah jika jalur olahraga tak terpenuhi di semua sekolah. Justru jalur olahraga di beberapa sekolah sangat diminati oleh calon siswa.
Meski demikian ahmad tidak mengelak jika di beberapa sekolah ada yang belum terpenuhi kuotanya. Jika memang ada sisa pagu dari jalur olahraga, maka akan diperuntukkan jalur regular.

(957 views)
Tags: