Dinas Pendidikan Jember Libatkan Unej Sebagai Konsultan Pembuatan Soal TPA

Dinas Pendidikan Kabupaten Jember melibatkan konsultan Tenaga Ahli Dari Universitas Jember, dalam pembuatan soal Tes Potensi Akademik (TPA) Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Demikian ungkapan Kepala Bidang SMP-SMA Dinas Pendidikan Jember, Tatang Priyanggono.

Menurut Tatang, untuk soal TPA pihaknya akan menggunakan model soal dalam bentuk logika. Dimana semua pertanyaan akan berbentuk logika. Paling tidak dengan model soal seperti itu, Dispendik mampu melihat sejauh mana kemampuan peserta dalam menjawab soal.

Untuk itulah, agar peserta lebih siap pada saat menghadapi TPA, dinas pendidikan mensosialisasikan kepada seluruh sekolah terkait model soal tersebut. Terkait porsentase kelulusan, menurut Tatang, pihaknya akan menggunakan nilai ujian 60 persen dan 40 persen dari TPA.

Lebih lanjut Tatang menjelaskan, PPDB Tahun Pelajaran 2011-2012 tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Dimana calon siswa diberi keleluasaan untuk memilih sekolah favoritnya.

Untuk SMP Dan SMA, pendaftar diberi kesempatan memilih tiga sekolah. Namun untuk pendaftar SMK hanya diberi memilih tiga jurusan di satu sekolah saja. Sedangkan untuk pelaksaaan tpa akan digelar di pilihan sekolah pertama

(866 views)
Tag: