APBD Tak Cair, Pendapatan PBB Menurun Drastis

Akibat belum cairnya Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah, pendapatan dari sektor Pajak Bumi Bangunan (PBB) menurun drastic. Data di Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Jember menyebutkan, hingga awal Juni lalu, Retribusi PBB baru 9, 7 persen atau sekitar 2,4 milyar rupiah.

Kepala Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Jember, Suprapto menerangkan, jika dibandingkan dengan tahun lalu di bulan yang sama, Retribusi PBB mengalami penurunan drastic. Bulan Juni tahun 2010 lalu, retribusi pbb mencapai 18 Persen.

Penurunan tersebut kata Suprapto, disebabkan kinerja  petugas pemungut pajak yang mulai menurun. Mereka enggan turun ke masyarakat lantaran tak digaji. Karena memang hingga hari ini Alokasi Dana Desa Sebesar 500 Juta Rupiah belum bisa dicairkan. Padahal gaji perangkat desa tercantum dalam ADD. Selain itu turunnya SPPT mengalami keterlambatan.

Untuk tahun 2011, baku atau target PBB tidak jauh berbeda dari tahun 2010 lalu yakni 25 Miliar Rupiah. Hingga awal juni lalu baru terealisasi sekitar 6 miliar rupiah atau masih terdapat tunggakan sekitar 19 miliar rupiah.

Lebih lanjut Suprapto menerangkan, berdasarkan data di dinas pendapatan daerah, dari 31 Kecamatan Di Jember, ada salah satu kecamatan yang belum menyetorkan ke Dispenda.

(807 views)
Tags: