Pelaku Ilegal Loging Di Wilayah TNMB, Didominasi Warga Sekitar

Kasus ilegal logging di Wilayah Taman Nasional Meru Betiri (TNMB) masih marak. Ini terbukti, berdasarkan Catatan TNMB angka ilegal loging hingga akhir Mei lalu mencapai 20 kasus.

Kepala Bagian Tata Usaha TNMB, Mustafa Imron Lubis, kepada Kiss Fm menjelaskan, paling banyak pelaku ilegal logging adalah masyarakat sekitar. Dia mengaku tingkat kesadaran masyarakat sekitar untuk menjaga kelestarian hutan masih rendah.

Untuk itu lanjut Lubis, mengantisipasi maraknya penebangan liar, saat ini pihaknya mengintensifkan operasi, serta memberikan sosialisasi penyadaran kepada masyarakat, akan bahaya ilegal loging.

Dia menambahkan,jenis kayu paling banyak ditebang oleh pelaku biasanya Sapen, Kemuning dan Garu. Berdasarkan pengakuan pelaku, biasanya kayu itu dijual ke orang sekitar untuk dibuat kebutuhan rumah seperti untuk pintu dan jendela.

Lebih jauh Lubis menerangkan, Tahun 2010 lalu pihaknya mencatat angka ilegal logging di wilayah TNMB mencapai 43 kasus.Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, angka tersebut mengalami penurunan.

(733 views)
Tags: