DPRD Jember Merasa Tak Punya Taring Dalam LKPJ

DPRD jember merasa tak punya taring dalam penyampaian LKPJ Bupati Jember Tahun Anggaran 2010. Pasalnya, DPRD Jember sifatnya hanya memberikan rekomendasi terhadap LKPJ Bupati. Demikian diungkapkan Ketua Komisi D DPRD Jember, Ayub Junaidi.

Kepada sejumlah wartawan, ayub mengaku, pasca perubahan undang-undang tentang pemerintahan daerah, nilai tawar anggota DPRD Jember terhadap LKPJ sangat lemah. Sebab legislatif tidak memiliki hak untuk menyatakan menolak atau menerima LKPJ bupati.

Sesuai aturan, Anggota DPRD hanya memiliki kewenangan untuk memberikan rekomendasi kepada eksekutif. Itupun kata Ayub, jika eksekutif tidak menjalankan rekomendasi tersebut, maka tidak ada sanksi yang akan diberikan. Berdasarkan pengalaman LKPJ tahun sebelumnya, banyak rekomendasi yang tidak dijalankan oleh eksekutif. Seperti pembangunan pasar kencong, yang hingga hari ini masih menimbulkan polemic.

Lebih jauh Ayub menjelaskan, penyampaian LKPJ Bupati Jember Tahun Anggaran 2010, akan disampaikan senin pekan depan. LKPJ akan disampaikan oleh Pj Bupati Jember. DPRD Jember sendiri tidak mempersoalkannya, karena hingga hari ini bupati dan wakil bupati jember sedang dinonaktifkan oleh Menteri Dalam Negeri.

(937 views)
Tag: