Perkembangan Ekonomi Se Eks Karesidenan Besuki Membaik

Triwulan Pertama Tahun 2011, kondisi perekonomian di Empat Kabupaten Se Eks Karesidenan Besuki berkembang dengan baik. Demikian disampaikan Pemimpin Bank Indonesia Jember, M Nur Zainuddin.

Kepada sejumlah wartawan Zainuddin mengatakan, berkembangnya perekonomian tersebut bisa dilihat dari beberapa indicator. Diantaranya konsumsi masyarakat dari penjualan motor dan mobil baru meningkat sebesar 1,62 Persen dan 4,42 Persen.

Kemudian lanjut Zainuddin, perkembangan ekspor di Triwulan Pertama Tahun 2011 sebesar 2,30 Juta USD. Komoditas terbesar dari kelompok sayuran dan buah-buahan sebesar 87,19 persen, dengan tujuan pasar jepang. Sedangkan untuk komoditas unggulan berupa tembakau memberikan kontribusi sebesar 0,50 persen.

Selain itu, pada Tri Wulan Pertama Tahun 2011, jember mengalami deflasi sebesar 0,33 persen. Ini disebabkan adanya penurunan harga pada kelompok bahan makanan sebesar 2,62 persen terutama untuk cabe rawit dan beras. Padahal di bulan yang sama Tahun 2010 lalu, Jember mengalami inflasi tertinggi se Jawa Timur sebear 7,96 persen.

Lebih lanjut Zainuddin menjelaskan, untuk kabupaten tertinggi perkembangan perekonomiannya ditempati Jember, disusul Banyuwangi, Situbondo kemudian Bondowoso. Zainuddin berharap, kondisi perekonomian tersebut bisa terus dipertahankan atau bahkan lebih meningkat lagi pada triwulan kedua hingga akhir tahun 2011.

(1,266 views)
Tags: