LSM Peta Akan Laporkan Kepala Dinas Pu Bina Marga Ke Penegak Hukum, Terkait Temuan Kerugian Negara Di LHP BPK.

Aktifis Lembaga Swadaya Masyarakat Peta, akan melaporkan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Kabupaten Jember, Juwarto, ke Kejaksaan Negeri Jember dan Kepolisian. Demikian disampaikan Ketua LSM Peta Heru Nugroho, Rabu Siang.

Menurut Heru, berdasarkan laporan hasil pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan RI, ditemukan kerugian negara di sejumlah proyek yang dilaksanakan Dinas PU Bina Marga.

Dalam LHP tersebut lanjut Heru, BPK menemukan kerugian negara hampir 2 milyar rupiah pada tahun 2007 lalu. BPK sendiri telah merekomendasikan kepada Dinas PU untuk mengembalikan kerugian negara itu.

Namun berdasarkan LHP terbaru BPK, Kepala Dinas PU Bina Marga baru mengembalikan 600 juta. Untuk itu, BPK kembali membuat rekomendasi Kepada Dinas PU Bina Marga untuk mengembalikan kekurangan kerugian negara tersebut.

Lebih lanjut Heru menjelaskan, selain akan melaporkan Kejaksaan Negeri Jember dan Kepolisian, dirinya telah melaporkan temuan BPK tersebut kepada Inspektorat Kabupaten Jember.

Heru mengaku, beberapa waktu lalu, dirinya telah menjalani pemeriksaan di inspektorat terkait laporannya itu. Dia berharap, agar inspektorat serius menangani kasus tersebut, karena berkaitan dengan kasus dugaan korupsi.

Sementara Kepala Dinas PU Bina Marga, Juwarto, saat akan dikonfirmasi ke telfon selulernya, ternyata tidak aktif. Hingga pukul 15.00 tadi, nomer Juwarto masih belum aktif, hanya terdengar Voice Mailbox atau perekam pesan suara. Padahal Rabu pagi, Juwarto mengikuti rapat dengar pendapat di Komisi C DPRD Jember, bersama Dinas PU Pengairan dan Cipta Karya.

(1,005 views)
Tags: