KPU Kabupaten Jember Belum Terima Usulan PAW PKS

Meski DPW PKS Jawa Timur sudah mengeluarkan SK pemecatan terhadap Lilik Ni’amah, yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi B Dprd Jember, kpu sejauh ini belum menerima usulan pergantian antar waktu dari dprd.

Ketua Kpu Kabupaten Jember Catty Tri Setyorini menjelaskan, pada prinsipnya proses Pergantian Antar Waktu (PAW) merupakan hak penuh partai. Sehingga dprd maupun kpu hanya menjalankan fungsi administrative, tidak bisa mempercepat ataupun memperlambat proses usulan PAW yang diajukan oleh partai.

Sesuai undang-undang 27 lanjut catty, setelah menerima usulan PAW dari partai pimpinan dprd diberikan waktu 2 minggu untuk melanjutkan surat tersebut kepada kpu. KPU kabupaten juga diberikan waktu 2 minggu untuk memberikan petunjuk siapa yang berhak menggantikan sesuai perolehan suara dalam pileg.

Setelah kpu melakukan proses verifikasi calon pengganti, kpu mengirimkan surat balasan ke dprd. Kemudian dprd meneruskan usulan PAW tersebut kepada gubernur melalui bupati. Baru kemudian atas dasar usulan tersebut gubernur mengeluarkan sk pergantian antar waktu. Namun sejauh ini meski sudah ramai di pemberitaan, kpu menurut catty belum menerima permintaan baik secara formal maupun informal terkait proses PAW dari DPD PKS Jember.

Di beritakan sebelumnya, dua orang perintis PKS Jember Lilik Ni’amah dan suaminya Mahfudi Husodo, dicabut status keanggotaannya dari PKS. Jika melihat hasil pileg lalu, posisi lilik yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi B DPRD Jember, akan digantikan oleh Mantan Ketua Dpd Pks Jember Khoirul Hadi.

(1,061 views)
Tags: