Warga Sumbersari Keluhkan Limbah Medis Puskesmas

Sejumlah warga sumbersari yang tinggal disekitar puskesmas sumbersari, mengeluhkan pengelolaan limbah cair puskesmas. Bahkan laporan tersebut secara resmi dilaporkan per surat ke DPRD Jember, karena keluhan warga kepada puskesmas selama ini tidak ada tanggapan.

Anggota Komisi D Dprd Jember Ambar Listiani menjelaskan, pihaknya menerinma laporan dari Ketua Rw setempat, yang menyatakan bahwa limbah cair dari puskesmas dibuang di selokan yang mengalir di depan rumah-rumah warga. Meski belum menimbulkan dampak serius, sebagai orang awam warga merasa khawatir atas kondisi ini.

Berdasarkan laporan tersebut lanjut ambar, Komisi D sudah meneruskan surat laporan dari warga tersebut kepada dinas kesehatan dan memerintahakan dinas kesehatan untuk segera menindaklanjuti laporan tersebut. Sebab keluhan warga ini sebenarnya sudah cukup lama, hanya saja tidak pernah ditanggapi oleh pihak puskesmas.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Jember dr Olong Fajri Maulana ketika dikonfirmasi mengatakan, pihaknya akan segera turun untuk melihat langsung kondisi pengolahan limbah di puskesmas sumbersari, sekaligus untuk melihat apakah ada dampak di masyarakat sekitar akibat limbah tersebut.

Yang jelas lanjut Olong, secara prosedural dinas kesehatan memiliki SOP pengelolaan limbah medis. Untuk limbah padat dikirim di kawasan pakusari untuk dimusnahkan dengan cara dibakar, sedangkan untuk limbah cair dikirim ke rsud subandi untuk diolah dalam alat khusus pemusnahan limbah cair. Apakah Puskesmas Sumbersari melanggar SOP tersebut atau ada persoalan lain, dinas kesehatan masih akan melakukan pengecekkan.

Lebih jauh olong menerangkan, jika memang ada kendala secara tehnis terkait pengolahan limbah di puskesmas sumbersari, dinas kesehatan akan menjadikannya sebagai progam prioritas dalam tahun anggaranb 2012 mendatang. Sebab untuk tahun 2011 ini dinas kesehatan tidak memiliki alokasi anggaran untuk progam tersebut.

(1,617 views)
Tags: