Akibat Belasan DAM Rusak, Ribuan Hektar Lahan Pertanian Terancam Tak Bisa Digarap

Ribuan sawah milik warga di tiga kecamatan yakni, Arjasa, Rambipuji Dan Panti terancam tak bisa digarap, gara-gara dam di tiga wilayah itu belum diperbaiki hingga saat sekarang. Hal ini terungkap saat hearing antara Komisi C DPRD Jember dengan Dinas Pekerjaan Umum Pengairan, Bina Marga Dan Cipta Karya, Senin Siang.

Usai hearing Kepala Dinas Pekerjaan Umum Pengairan, Rasyid Zakaria menjelaskan, ada delapan belas DAM yang mengalami kerusakan parah pasca diterjang banjir dan hujan deras. Padahal 18 DAM itu mengairi ribuan hektar sawah milik petani, sehingga jika tidak segera dilakukan perbaikan, pada musim kemarau satu nanti, petani tidak akan bisa menggarap lahan itu.

Dinas pengairan sendiri lanjut Rasyid, telah mengajukan anggaran sebesar 4 miliar rupiah pada apbd 2011 untuk dana tak tersangka penanganan bencana. Namun ternyata hanya disetujui sebesar 1,5 miliar rupiah, itupun harus dibagi dengan Dinas Pu Bina Marga.

Persoalannya dana sebesar itu kata Rasyid, hanya cukup untuk memperbaiki dua DAM, yakni DAM Genduk dan Waru. Sehingga sisanya untuk perbaikan 16 DAM, masih harus mengajukan ke pemerintah pusat. Jika tak berhasil, pihaknya akan memberi saran kepada petani untuk berganti tanaman ke palawija.

Sementara itu Anggota Komisi C Dprd Jember, Yudi Hartono menyayangkan lambannya perbaikan infrastruktur pengairan yang rusak akibat banjir. Apalagi berdasarkan keterangan dari Kepala Dinas Pu Pengairan, untuk penanganan tanggap daruratnya terpaksa menggunakan dana pribadi. Sebab hingga hari ini verifikasi apbd dari gubernur jawa timur belum turun.

Semestinya lanjut Ketua Fraksi Golkar itu, ada terobosan yang dilakukan Pemkab Jember untuk penanganan bencana. Jika harus menunggu verifikasi apbd dari gubernur, maka akan muncul kesan pemkab tak peka terhadap bencana alam. Apalagi perbaikan infrastruktur pengairan sangat dibutuhkan oleh petani di jember.

Yudi berharap, kejadian ini tidak akan terulang di masa yang akan dating. Jika memang terjadi bencana alam, harus ada langkah strategis yang harus dilakukan oleh pemkab jember.

(993 views)
Tag: