HPP Tak Naik, Bulog Jember Kesulitan Beli Gabah Dan Beras Dari Petani

Badan Urusan Logisitik Sub Divisi Regional (Subdivre) XI Jember, mengakui kesulitan membeli gabah dan beras dari petani dengan Harga Pembelian Pemerintah (HPP). Sesuai inpres tahun 2009, HPP gabah kering panen sebesar Rp 2640 per kilogram, gabah kering giling sebesar Rp 3345 per kilogram, dan beras sebesar RP 5455 per kilogram.

Kepala Bulog Sub Divre XI Jember, Tri Wahyudi Saleh menjelaskan, posisi bulog saat ini sangat dilematis. Di satu sisi diwajibkan untuk memenuhi kebutuhan beras masyarakat, di sisi lain harga yang dipatok pemerintah belum ada kenaikan sejak tahun 2009.

Padahal harga di tempat penggilingan beras luar harganya terjadi selisih antara 200 hingga 300 rupiah. Harga gabah kering panen dan giling di luar bisa mencapai angka 2700 hingga 2950 rupiah per kilogram.  Meski demikian lanjut Tri Wahyudi, mau tidak mau pihaknya harus berusaha memenuhi target tahun 2011, yakni sebesar 89 ribu ton. Saat ini bulog menggandeng stake holder pertanian seperti kelompok tani.

Lebih lanjut Tri Wahyudi menjelaskan, penyerapan beras pada tahun ini lebih baik dibandingkan tahun 2010 lalu. Karena hingga pertengahan bulan maret, bulog telah menyerap 2600 ton beras dari petani. Padahal pada bulan yang sama di tahun 2010 lalu, Bulog Jember belum melakukan penyerapan gabah dan beras sama sekali.

(928 views)
Tags: