Antisipasi Menyebarnya Penyakit Pasca Banjir Bandang, 20 Relawan PMI Lakukan Penyemprotan Dis Infectan.

Palang Merah Indonesia Cabang Jember, senin ​pagi, menurunkan sedikitnya 20 relawan ke lokasi banjir bandang di Dusun Cempaka Desa Pakis Kecamatan Panti.

Menurut Ketua PMI Cabang Jember, Sandi Suwardi Hasan, 20 relawan itu akan melakukan kegiatan penyemprotan dis infectan ke rumah-rumah warga korban bencana alam.

Sandi menerangkan, penyemprotan itu dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran penyakit seperti infeksi saluran pernafasan (ISPA), diare, dan gatal-gatal pasca terjadinya banjir banding.

Selain melakukan penyemprotan, relawan PMI Jember juga akan membantu warga untuk membersihkan rumah-rumah penduduk dari Lumpur. Sebab ketebalan lumpur sangat luar biasa. Sandi mencontohkan, pada hari minggu kemarin, untuk membersihkan satu rumah saja membutuhkan waktu kurang lebih lima jam.

Sandi berharap, dalam waktu dekat Pemkab Jember dan Perusahaan Daerah Perkebunan (PDP) untuk segera melakukan analisis dan kajian. Apakah warga yang tinggal di daerah pakis layak untuk segera direlokasi atau tidak. Selain itu, harus ada perbaikan infrastruktur seperti plengsesngan sungai.

(1.067 views)
Tag: